Friday, July 10, 2009

Bikin mesin tambah kencang tpi mesin tetep irit


Bikin mesin tambah kencang tpi mesin tetep irit

Ok, buat yang minat sama topspeed tapi masih pingin irit... ini tipsnya...
Gw contekin dari spek Jupiter Z tmn Q ya.....walaupun begitu bisa juga diterapkan di Crypton, Vega dan Jupiter

Mesin ::

1. Saringan udara.... bagian ini gw masih pertahankan aslinya.... hanya saja busa gw buang...
pernah sih coba pake saringan macam K&N tapi hasilnya malah tersendat pas lagi di geber 80 km/jam....
solusinya ya pake aslinya yang jelas udah melalui riset tapi tanpa busa..... dengan cara ini putaran mesin
cepat naik sesuai putaran gas karena nggak ada lagi hambatan busa saringan.... dan imbasnya tarikan tambah nendang...

2. Karburator..... karburator Jupiter Z lubangnya masih ketutup sedikit sama bagian bawah skep sekitar 1,5 mm....
jadi diameter lubang karburator kepangkas 1,5 mm.... solusinya paling gampang ya potong aja skep bagian atasnya 1,5 mm.....
jangan potong bagian bawahnya.... hasilnya nggak sebagus kalo dipotong atasnya.....
Nah, sekarang kalo gas dibuka penuh maka lubang karburator bakalan menganga lebar.... dan mesin tersendat - sendat.....
ini karena jarum skepnya masih di posisi standar.... solusinya pindah alur jarum skep di alur nomer satu dari atas....
nggak ada kan modifikasi kaya gini... jarum skep naik ke nomer satu dari atas..... cari deh kalo ada....
tapi kalo jarum ngga di nomer satu, mesin nggak akan ada tenaganya.... topspeed paling cuman 80 km/jam....
langkah terakhir adalah setel anginnya... kalo yang ini pake feeling aja deh.... settingan karburator kaya gini nambah
topspeed sekitar 10 - 15 km/jam dari standarnya...

3. Blok mesin ..... semuanya gw biarin apa adanya... nggak ada yang berubah termasuk pengapian....

4. Knalpot ....... bagian ini gw pake pipa bawaan Jupiter Z yang gw kasih peredam "Supertrap".......
ini juga ngasih sokongan buat tenaga putaran bawah dan juga putaran atasnya..... jadi nambah tarikan dan top speed......

5. Gir belakang.... gw pake gir mata 34....... ini bikin jarak tempuh, topspeed bertambah tanpa mengurangi tarikan awal......


6. Pelek .... gw pake DID alumunium... ring 17 dengan ban ukuran 90/80-17 depan belakang.....
gw pilih pelek ini karena lebar dan ringan.... jadi impas beratnya kalo dipasang ban lebar.............
dan kalo yang CW nggak mau ganti pelek gw ga berani jamin CW bisa ngalahin yang non CW......

7. Anting shockbreaker belakang gw tukar sama yang ukuran 9 cm... jadi shockbreaker lebih keras.... stabil deh.....
dan nungging dikit....

Itu aja deh..... bodi juga nggak diapa - apain..... yang penting kan bisa ninggalin yang 125 cc jauh - jauh.....

Kalo kurang paham silahkan bertanya.........? aja..
Ok.......

COMMENTS :




Don't Spam Here 1

kira kira tarikanya bisa nyampe berapa

al-ikhwan said...
on 

Post a Comment

Bagi sobat-sobat silahkan comment disini, Insya Allah saya comment balik di blog anda dan Saya follow juga. Blog 7ASK adalah Blog Do Follow, Terimakasih atas kunjungan Anda..!

 

Copyright © 2008-2011 All Rights Reserved. Mobile View Powered by 7ASK / WAWAN ADIE and Distributed by Template

Facebook Twitter Mykaskus