Friday, July 10, 2009

Cara Kerja Motor Bakar Bensin 2 Langkah (2 TAK)


Cara Kerja Motor Bakar Bensin 2 Langkah (2 TAK)
Pada prinsipnya motor bakar 2 langkah (2 tak) melakukan siklus Otto hanya dalam dua langkah piston atau satu putaran poros engkol. Penemuan motor bakar 2 tak yang sukses oleh  Sir Dougald Clerk tahun 1876.
Langkah Masuk (Intake).  Campuran bahan bakar dan udara dihisap masuk ke dalam rumah engkol akibat tekanan vakum yang terjadi pada saat piston bergerak ke atas. Pada ilustrasi disamping ini, motor ini menggunakan katup tipe poppet.
Pada saat piston bergerak ke bawah, katup poppet tertutup akibat tekanan pada rumah engkol. Campuran bahan bakar dan udara kemudian tertekan masuk ke silinder pada sisa langkah ke bawah.
Langkah Penyaluran (Transfer/Exhaust). Pada saat mendekati posisi  titik mati bawah, saluran masuk terbuka dan campuran bahan bakar dan udara masuk ke dalam silinder. Pada saat yang sama masuknya campuran bahan bakar dan udara tersebut mendorong sisa hasil pembakaran keluar melalui saluran pengeluaran pada sisi yang berlawanan dari lubang pemasukan.  T
Langkah Tekan (Compression). Selanjutnya piston bergerak ke atas dan menekan campuran bahan bakar dan udara. (pada saat yang sama terjadi langkah masuk yang berikutnya di bagian bawah piston).
Langlah Tenaga (Power). Pada saat pendekati posisi titik mati atas busi akan menyala dan menyundut campuran bahan bakar dan udara sehingga terjadi ledakan yang mendorong piston ke bawah.
Mekanisme motor bakar empat langkah dengan sistem katup Red vavle diperlihatkan pada artikel ini.

COMMENTS :




Don't Spam Here

0 komentar to “ Cara Kerja Motor Bakar Bensin 2 Langkah (2 TAK) ”

Post a Comment

Bagi sobat-sobat silahkan comment disini, Insya Allah saya comment balik di blog anda dan Saya follow juga. Blog 7ASK adalah Blog Do Follow, Terimakasih atas kunjungan Anda..!

 

Copyright © 2008-2011 All Rights Reserved. Mobile View Powered by 7ASK / WAWAN ADIE and Distributed by Template

Facebook Twitter Mykaskus