Wednesday, September 2, 2009

cara membuat dan menampilkan tombol bookmark addthis


Secara umum bookmark berarti pembatas buku, namun kali ini berbeda dengan maksud kata tersebut yaitu "Social Bookmarking" yang merupakan istilah didalam dunia internet dan perbloggingan. Kok jadi ngebahas definisinya bookmark sich.
Ok ranggolawi akan coba share sedikit, Apa sih Situs Social Bookmarking network Itu? merupakan suatu web/situs/portal jejaring (cth: Digg, Myspace, Del.icio.us, Facebook, google, dll) dimana web/situs/portal jejaring menampilkan penggalan postingan/artikel suatu web/blog yang dengan sengaja mensubmit/mendaftarkannya pada direktory situs social bookmark.
Apa keuntungan mendaftarkan/menampilkan tombol bookmark pada web/blog kita? tentu saja keuntungan bagi pemilik web/blog adalah mendatangkan traffik/visitor/pengunjung dari salah satu postingan/artikel web/blognya yang tampil sepenggal di situs bookmarking. Dengan menampilkan tombol bookmark ini kita akan dibantu oleh visitor yang merasa tertarik/terbantu/kagum dengan postingan/artikel blog kita, sehingga visitor akan men-share (berbagi) dan mensubmit artikel postingan blog kita pada salah satu situs bookmarking tentu saja jika kita mengaktifkan tombol bookmark pada web/blog kita dan biasanya diletakkan di footer atau bagian bawah pada setiap postingan web/blog kita. Dengan tombol bookmark ini pemilik blog akan terbantu oleh visitor yang mensubmit postingan kita, sehingga pemilik blog akan terbantu jika alpa/lupa mensubmit update postingan blognya.

Gimana sich cara membuat tombol bookmark ? pertama kali rekan haruslah register (mendaftar) di salah satu web penyedia tombol bookmark yaitu www.addthis.com, berikut cara lengkapnya... :

1. Daftar/register di web www.addthis.com (klik)
2. Isi username, email dan password pada form register (klik tombol register).
3. Klik tombol "Continue" >> lalu klik "Get Your Button Code"
4. Pilih tombol "Bookmark" >> lalu pada kolom "Where" pilih "On a Blog" >> pilih "Blogger" pada baris "Blogging Platform"
5. Klik "Get Your Button Code" >> Copy dan simpan script code tombol bookmark (ikuti langkah selanjutnya untuk blogger)

Cara menampilkan Tombol Bookmark dibawah setiap postingan blogger :
1. Login dengan account google pada web blogger.com
2. Pilih blog >> Klik pada Tab Menu "Tata Letak" >> klik tab "Edit Html"
3. Pada kolom "Edit Template" >> klik "Expand Template Widget" cari tag kode pada baris kode tag html.
4. Pastekan kode tombol bookmark yang telah rekan simpan tepat dibawah baris kode diatas (point no.3) atau dibawah tag code
5. Klik tombol "Simpan Template"
6. Lihat hasilnya pada browser (firefox / Ie anda)

Berikut screenshoot kode tombol bookmark pada template blogger :


Catatan :
Kode berwarna merah : Merupakan kode template blogger rekan
Kode berwarna hitam : Merupakan kode script tombol bookmark dari addthis.com
Kode berwarna biru : Merupakan kode tambahan jika rekan ingin tombol bookmark tepat berada ditengah-tengah posting (jangan ditambahkan jika ingin seperti defaultnya yaitu tombol bookmark berada di sebelah kiri)

Selamat mencoba n semoga berhasil

COMMENTS :




Don't Spam Here

0 komentar to “ cara membuat dan menampilkan tombol bookmark addthis ”

Post a Comment

Bagi sobat-sobat silahkan comment disini, Insya Allah saya comment balik di blog anda dan Saya follow juga. Blog 7ASK adalah Blog Do Follow, Terimakasih atas kunjungan Anda..!

 

Copyright © 2008-2011 All Rights Reserved. Mobile View Powered by 7ASK / WAWAN ADIE and Distributed by Template

Facebook Twitter Mykaskus