Panas hasil pembakaran di dalam mesin, sebagian diubah menjadi
tenaga penggerak, sebagian dibuang keluar sebagian gas buang,dan
sebagian lagi diserap oleh bagian-bagian mesin.
Panas yang diserap ini harus dibuang juga keluar agar panas
mesin tidak berlebilan (over heating), sebab panas yang berlebihan
dapat menyebabkan gangguan pada kerja mesin dan menyebabkan kerusakan
yang fatal.
Untuk mengatasi hal tersebut, maka mesin dilengkapi dengan sistem pendinginan.
Ada dua cara sistem pendinginan pada mesin, yaitu sistem
pendinginan udara dan sistem pendinginan air: Tetapi yang lebih umum
digunakan pada mobil adalah sistem pendinginan air
sistem pendinginan air di lengkapi dengan radiator, pompa air, termostat, kipas angin, mantel dan komponen palengkap lainnya.
bersirip, yang dapat dilalui air pendingin dari tangki atas ke tangki
bawah. Komponen lain yang bersatu dengan radiator adaiah tutup
radiator, tangki cadangan, selang atas, selang bawah, dan katup
pembuang.
b. Tutup radiator
Tutup radiator selaiu berfungsi menutup Iubang pemasukan air
radiator,
juga mempertahankan keadaan air agar tidak mendidih meskipun suhunya
mencapai l00"C atau lebih. Suhu yang tinggi menye-
babkan volume dan
tekanan air bertambah. Bila tekanan air dan uapnya naik, maka katup
pengaman pada tutup radiator akan menjadikan membebaskannya melalui
pipa pembuangan dan tangki
tangki cadangan
bila volume air dari radiator memuai karena
naiknya suhu, maka air pendingin yang berlebihan dikirim ke tangki
cadangan. Sebaliknya bils suhu turun, air yang ada dalam tangki akan
kembali ke radiator.
ini diatur oleh katup pengaman pada tutup radiator.
Pompa air
pompa air berfungsi mensirkulasikan air pendingin. Umumnya yang
banyak digunakan adalah jenis sentrifugal. Pompa air ini ditempatkan di
bagian depan blok silinder dan digerakkan oleh puli poros engkol
melalui tali kipas (V belt).
e. Termostat
termostat berfungsi mempercepat tercapainya
temperatur kerja mesin kemudian mempertahankan temperatur kerja
tersebut pada saat mesin bekerja.
Jika air masih dingin katup
termostat tertutup, sirkulasi air tidak melalui radiator tetapi
langsung melalui pipa bypass. Jika air sudah terlalu panas, katup
temostat terbuka dan sirkulasi air melalui radiator,
kipas pendingin .
bila kendaraan tidak bergerak, udara luar tidak
akan cukup mendinginkan radiator, oleh karena itu diperlukan kipas
pendingin untuk membantu mendinginkan radiator.
Kipas pendingin umunmya digerakkan oleh poros engkol meialui tali kipas
Tetapi ada juga kipas pendingin yang digerakkan oleh motor listrik
( Kipas pendingin elektrik ini hanya bekerja bila diperlukan, sehingga dapat
menghemat tenaga mesin dan mengurangi kebisingan bunyi kipas.
COMMENTS :
Don't Spam Here
0 komentar to “ Sistem pendinginan ”
Post a Comment
Bagi sobat-sobat silahkan comment disini, Insya Allah saya comment balik di blog anda dan Saya follow juga. Blog 7ASK adalah Blog Do Follow, Terimakasih atas kunjungan Anda..!