Monday, November 30, 2009

Kavitasi pada Roda jalan (Runner) Sudu Turbin Air



Keselamatan kerja, daya tahan/usia dari sudu turbin air akan berkurang apabila timbul kavitasi. Penelitian yang dilakukan pada roda turbin air kaplan menunjukkan bahwa dalam kondisi kerja yang tertentu timbul suara yang bergemuruh dan getaran didalam pipa hisap, randemen turbin turun dengan drastis 

Keselamatan kerja, daya tahan/usia dari sudu turbin air akan berkurang apabila timbul kavitasi. Penelitian yang dilakukan pada roda turbin air kaplan menunjukkan bahwa dalam kondisi kerja yang tertentu timbul suara yang bergemuruh dan getaran didalam pipa hisap, randemen turbin turun dengan drastis. Dan bila roda jalan (Runner) turbin tersebut dioperasikan terus dalam kondisi seperti diatas, maka pada sisi keluar roda jalan akan berkorosi, permukaan roda akan terlihat sperti tererosi. Hal ini disebabkan oleh kavitasi. Proses kavitasi begitu rumit dan kurang begitu jelas Sebagai contoh permulaan terjadinya kavitasi adalah sebagai berikut, air yang mengandung udara atau gelembung-gelembung uap air yang disebabkan oleh adanya kondisi setempat yang tekanannya turun hingga dapat menimbulkan penguapan. Pada tempat yang tekanannya lebih tinggi, maka gelembung-gelembung tersebut akan terkondensasi dan pecah dengan tiba-tiba, hal ini akan mengakibatkan tekanan pada roda turbin. Penurunan tekananaliran didalam turbin air disebabkan perubahan energi tekanan menjadi energi kecepatan (Bernoulli). Makin tinggi kecepatan aliran dan makin tinggi 

http://luk.staff.ugm.ac.id/bta/Q-H.giftemperatur airnya, maka makin tinggi pula bahaya dari pembentukan uap dan kavitasi. Untuk menghindari kavitasi yang besar, maka dalam perencanaan turbin dapat menggunakan perhitungan yang tertentu dengan memasukan harga-harga keamanan dan harga-harga yang berdasarkan pengalaman. Pabrik-pabrik turbin dan pompa selain mengadakan pengujian terhadap model roda jalan menurut kondisi yang luar biasa juga menyelidiki keamanan untuk melawan kavitasi. Kavitasi dapat dicegah dengan perencanaan, pemasangan, dan pengoperasian turbin sedemikian rupa sehingga tidak ada satu titikpun yang tekanan mutlaknya lebih rendah daripada tekanan uap air. Faktor yang paling kritis dalam pemasangan turbin reaksi adalah jarak tegak antara runner dengan air buangan (Draft head). Dalam memperbandingkan cirri-ciri kavitasi pada mesin-mesin hidrolik sebaiknya ditetapkan parameter kavitasi seperti persamaan 1 berikut:

dimana Z1 dan H adalah ditentukan seperti gambar instalasi turbin diatas, merupakan tinggi kenaikan kolom air didalam barometer air. Pada duga permukaan air laut dengan suhu 20C, nilai = 10,1 m. Nilai minimum dari  dimana kavitasi dapat terjadi dinamakan c. Nilainya dapat ditentukan berdasarkan eksperimen untuk mesin dan model tertentu dengan mengamati keadaan operasi pada waktu awal terjadinya kavitasi. Dari persamaan 1 diatas dapat disimpulkan bahwa elevasi maksimum yang diijinkan diatas air buangan untuk memasang turbin adalah ditunjukkan oleh persamaan 2 berikut:

Runner turbin baling-baling kadang kala dipasang dibawah permukaan air buangan untuk mengurangi kemungkinan kavitasi. Selain itu penggunaan baja tahan karat dan perunggu alumunium untuk runner turbin akan meningkatkan tahanannya terhadap kerusakan akibat timbulnya lubang. 


COMMENTS :




Don't Spam Here

0 komentar to “ Kavitasi pada Roda jalan (Runner) Sudu Turbin Air ”

Post a Comment

Bagi sobat-sobat silahkan comment disini, Insya Allah saya comment balik di blog anda dan Saya follow juga. Blog 7ASK adalah Blog Do Follow, Terimakasih atas kunjungan Anda..!

 

Copyright © 2008-2011 All Rights Reserved. Mobile View Powered by 7ASK / WAWAN ADIE and Distributed by Template

Facebook Twitter Mykaskus