Keselamatan
kerja, daya tahan/usia dari sudu turbin air akan berkurang apabila
timbul kavitasi. Penelitian yang dilakukan pada roda turbin air kaplan
menunjukkan bahwa dalam kondisi kerja yang tertentu timbul suara yang
bergemuruh dan getaran didalam pipa hisap, randemen turbin turun dengan
drastis
|
temperatur airnya, maka makin tinggi pula bahaya dari pembentukan uap dan kavitasi. Untuk menghindari kavitasi yang besar, maka dalam perencanaan turbin dapat menggunakan perhitungan yang tertentu dengan memasukan harga-harga keamanan dan harga-harga yang berdasarkan pengalaman. Pabrik-pabrik turbin dan pompa selain mengadakan pengujian terhadap model roda jalan menurut kondisi yang luar biasa juga menyelidiki keamanan untuk melawan kavitasi. Kavitasi dapat dicegah dengan perencanaan, pemasangan, dan pengoperasian turbin sedemikian rupa sehingga tidak ada satu titikpun yang tekanan mutlaknya lebih rendah daripada tekanan uap air. Faktor yang paling kritis dalam pemasangan turbin reaksi adalah jarak tegak antara runner dengan air buangan (Draft head). Dalam memperbandingkan cirri-ciri kavitasi pada mesin-mesin hidrolik sebaiknya ditetapkan parameter kavitasi seperti persamaan 1 berikut:
dimana Z1 dan H adalah ditentukan seperti gambar instalasi turbin diatas, merupakan tinggi kenaikan kolom air didalam barometer air. Pada duga permukaan air laut dengan suhu 20C, nilai = 10,1 m. Nilai minimum dari dimana kavitasi dapat terjadi dinamakan c. Nilainya dapat ditentukan berdasarkan eksperimen untuk mesin dan model tertentu dengan mengamati keadaan operasi pada waktu awal terjadinya kavitasi. Dari persamaan 1 diatas dapat disimpulkan bahwa elevasi maksimum yang diijinkan diatas air buangan untuk memasang turbin adalah ditunjukkan oleh persamaan 2 berikut:
Runner turbin baling-baling kadang kala dipasang dibawah permukaan air buangan untuk mengurangi kemungkinan kavitasi. Selain itu penggunaan baja tahan karat dan perunggu alumunium untuk runner turbin akan meningkatkan tahanannya terhadap kerusakan akibat timbulnya lubang.
COMMENTS :
Don't Spam Here
0 komentar to “ Kavitasi pada Roda jalan (Runner) Sudu Turbin Air ”
:a: :b: :c: :d: :e: :f: :g: :h: :i: :j: :k: :l:
Post a Comment
Bagi sobat-sobat silahkan comment disini, Insya Allah saya comment balik di blog anda dan Saya follow juga. Blog 7ASK adalah Blog Do Follow, Terimakasih atas kunjungan Anda..!