Mungkin bagi para blogger yang masih seumur jagung, belum mengenal istilah “dofollow” dan “nofollow”kan ? Termasuk saya :) . Tetapi karena keseringan buka dan baca blog, akhirnya saya bisa memahami maksud istilah diatas. Artinya “dofollow” adalah tidak “nofollow”. Dan “nofollow” bukan “dofollow” He .. 3x. Jadi bingungkan ? Samaaaa…

Sebenarnya apa sih yang dimaksud dengan istilah “dofollow”? Istilah ini sebenarnya tidak ada. Ini merupakan istilah yang menyatakan sebuah situs/blog sudah tidak menggunakan “nofollow” lagi. Nah .. Dalam dunia blogging NOFOLLOW berarti achor text yang diberi atribut “nofollow” tidak dipandang oleh google dalam artian bahwa link tersebut tidak akan dihitung dan di index oleh Paman google atau search engine lainnya. Trus ada nggak salahnya kita menggunakan nofollow? Sebenarnya sih tidak ada, tetapi jika anda bertujuan untuk menaikkan rangking dari blog anda, hal ini tentu merugikan.

Contohnya jika kita melakukan links exchange dengan blog lain. Jika blog tempat kita tukeran banner atau link tersebut menggunakan nofollow, berarti links exchange antara kita dan dia tidak memiliki arti apa. Alias cuma ngefans berat. He…. 3x :) 

Bagaimana mengetahui sebuah blog menggunakan “dofollow” atau “nofollow”?
Sekarang kita coba untuk melihat blog yang yang berbasis wordpress. Jika anda menggunakan Firefox silahkan cek dari menu Tools > Page Info dan lihat tabel Meta terdapat teks yang bertuliskan “Nofollow, Noindex” atau dengan melihat source codenya, carilah teks Nofollow, Noindex. Jika teks tersebut ada pada blog, berarti kita menggunakan “nofollow”. Dan berakibat google tidak bisa mengindex blog ini.
Jika anda pencinta blogspot, anda tinggal pastikan bahwa pada menu Setting > Basic : Let search engines find your blog? pada posisi YES. Atau dalam bahasa kitanya Pengaturan > Dasar : Biarkan Mesin pencari menemukan Blog anda ? Pilihan pada Ya.

Ya itu saja yang saya sampaikan, Semoga dapat membantu