Saturday, September 4, 2010

Cara membuat virtual drive menggunakan software alcohol 120%

Laptop yang saya miliki, MSI tipe U100, adalah laptop 10 inchi yang sangat enteng dibawa kemana-mana. Di satu sisi ini adalah suatu keunggulan, namun di sisi lain ukurannya yang mini diimbangi dengan ketiadaan DVD-ROM/DVD-RW (saya terpaksa menggunakan eksternal DVD-ROM untuk menunjang keperluan sehubungan install menginstall). Ada kalanya tidak selalu DVD eksternal tersebut saya bawa kemana-mana; selain ukurannya cukup menyita tempat juga untuk menyalakannya perlu listrik bolak-balik (AC). Padahal saya memiliki beberapa software (seperti game berkapasitas besar, e-book, film berkapasitas beberapa gigabyte, dan lain-lain) yang mana jika ingin digunakan harus menyertakan CD aslinya agar bisa terbaca. Atas saran seorang teman, saya menggunakan virtual drive di laptop saya untuk mengatasi masalah tersebut.
Virtual Drive merupakan solusi yang menjawab kebutuhan komputer yang membutuhkan CD/DVD untuk menjalankan suatu program. Dengan adanya virtual drive ini, maka program dapat dijalankan tanpa harus meng-insert CD/DVD aslinya. Beberapa software virtual drive yang cukup terkenal antara lain Diamond dan Alcohol 120%. Saya sendiri menggunakan Alcohol 120% karena lebih mudah pemakaiannya. Bagi anda yang ingin mendownload software tersebut, saya berikan cuma-cuma di sini (karena software tersebut bajakan, maka anda harus mem-patch-nya).
Download Alcohol 120% + Patch.


Setelah anda mendownload software tersebut, maka install dan jalankan (jangan lupa di-patch). Apabila anda ingin membuat drive ‘bohongan’ dan duplikat CD/DVD tertentu , lakukan hal berikut:
1. Pada tampilan standar Alcohol 120%, lihat jendela sebelah kiri. Klik [Options] pilih [Virtual Drive]

img_1240
2. Pada kotak dialog, pilih jumlah virtual drive yang anda inginkan [Number of Virtual Drives] dengan cara men-scroll angka ke bawah. Klik [OK] sesudahnya, maka virtual drive anda akan dibuat.
img_1243
3. Untuk menciptakan duplikat CD/DVD anda, maka lihat jendela sebelah kiri, klik [Main] pilih [Image Making Wizard].
img_12421
4. Pada kotak dialog, pilih drive tempat anda meng-insert CD/DVD asli yang akan diduplikasi. Dalam hal ini anda harus menggunakan DVD-ROM yang sesungguhnya. Klik [Next] jika anda sudah menentukan drive anda
5. Selanjutnya pilih lokasi di mana anda akan meletakkan duplikat CD/DVD yang akan anda buat. Sebagai contoh, buatlah di My Document.
6. Klik [Start] di bagian bawah kotak dialog, maka Alcohol 120% akan membuat duplikat CD/DVD anda. Tunggu hingga selesai.
7. Untuk menggunakan duplikat CD/DVD anda (anda boleh menyingkirkan CD/DVD asli), maka pada tampilan standar Alcohol 120% akan muncul daftar CD/DVD yang sudah anda buat duplikatnya. Klik kanan lalu pilih virtual drive di manaanda akan menggunakannya. Sebagai contoh, apabila virtual drive anda adalah F:, G:, dan H:, klik kanan image duplikat CD/DVD anda, pilih [Mount on Device] lalu pilih [F:SCSIVAX DVD/CD-ROM (0)].
img_1241
8. Untuk meyakinkan bahwa virtual drive anda benar-benar telah berfungsi, lihat apakah drive F di My Computer telah ter-load CD/DVD yang dimaksud.
9. Setelah itu, maka program yang dimaksud (game, e-book, dll) siap digunakan.
Selamat mencoba.

COMMENTS :




Don't Spam Here

0 komentar to “ Cara membuat virtual drive menggunakan software alcohol 120% ”

Post a Comment

Bagi sobat-sobat silahkan comment disini, Insya Allah saya comment balik di blog anda dan Saya follow juga. Blog 7ASK adalah Blog Do Follow, Terimakasih atas kunjungan Anda..!

 

Copyright © 2008-2011 All Rights Reserved. Mobile View Powered by 7ASK / WAWAN ADIE and Distributed by Template

Facebook Twitter Mykaskus