Monday, September 26, 2011

Menggunakan Google Aplikasi Tanpa Koneksi Internet


Siapa yang mengira aplikasi berbasis Komputasi Awan yang dikembangkan oleh Google akan bisa dikerjaan secara luring ?? Pada awal munculnya Google OS saya juga banyak bertanya-tanya bagaimana kalo Google OS pada saat dibawa pada jaringan luring maka semua aplikasinya akan mati suri atau tidak berfungsi, secara Google OS menggunakan full aplikasi Daring.
Saya pernah mencobanya pada Postingan saya yang membahas Google OS pada Laptop Acer TimeLine beberapa bulan yang lalu. Memang Google Apps sangat tergantung dengan koneksi internet, untuk itu team google akhir akhir ini banyak merilis Google apps yang bisa di kerjakan pada jaringan luring.
Tidak jelas apakah atau tidak browser yang lain (seperti Firefox) akan mendapatkan fitur ini melalui ekstensi, tetapi jika aku harus menebak, aku akan mengatakan mungkin tidak. Setidaknya bukan dari ekstensi resmi Google.
Google Apps yang sering saya pakai adalah Gmail dan Google Docs. Pada Aplikasi ini sudah banyak perubahan sejak awal bulan September 2011, dari team Gmail merilis apps baru bernama Gmail Offline bisa anda dapatkan melalui Toko Online Google Chrome. Gmail offline mempunyai tampilan minilis seperti applikasi Gmail yang ada pada Android 3.0 - Honeycomb dan applikasi email client yang banyak tersedia seperti Thunderbird, Mail MacOSX, Evolution dll. Gmail Offline menurut saya malah lebih cepat untuk sync pada server Gmail, pada saat anda tidak terkoneksi dengan internet maka anda masih bisa membaca email lain tanpa harus mengunduh data lagi dari server Gmail. Bagi anda yang tertarik menggunakan Gmail Offline bisa mengundunya pada tautan ini. Gmail Offline hanya dapat berjalan pada browser Google Chrome dan Chromium.

Aplikasi Google sejautnya adalah Google Docs, aplikasi ini yang saya sangat tunggu-tunggu keberadaanya secara luring, karena bagi saya memang berkerja pada area komputasi berbasis awan untuk kegiatan sehari hari adalah solusi kemudahan, bagi anda yang tidak ingin data hilang tentunya. Untuk mengatifkan Google Docs Luring anda bisa berkunjung pada halaman Google Docs kemudian pilih menu pengaturan pada sudut kiri atas, kemudian aktifkan modus luring Google Docs. Cara kerja Google Docs Luring sebagai berikut :

- Anda telah menyiapkan Google Documents luring dan kini dapat melihat dokumen dan spreadsheet Google meskipun Anda tidak terhubung ke Internet.

Tersedia Luring
- Akses luring hanya tersedia untuk dokumen dan spreadsheet. Bila Google Documents Anda terbuka dan memiliki sambungan Internet, dokumen dan spreadsheet yang paling terakhir dibuka akan disinkronkan dan tersedia secara luring. Presentasi, gambar, dan item lain saat ini tidak tersedia secara luring.

Hanya Bisa Membaca
- Saat ini, dokumen dan spreadsheet tersedia dalam mode hanya lihat. Anda harus memulihkan sambungan Internet untuk mengedit. Selain itu, Anda tidak dapat membuat Documents baru saat luring.

Keamanan Google Docs Luring
- Akses luring diizinkan per komputer. Setiap orang yang memiliki akses ke komputer yang Anda aktifkan akses luringnya dapat melihat dokumen dan spreadsheet yang disinkronkan saat mereka membuka Chrome. Untuk melindungi data Anda, jangan izinkan akses luring pada komputer publik atau bersama.






Untuk mengaktifkan Kalender Offline, kunjungi Google Calendar , klik pengaturan di sudut kanan atas, dan klik Offline. Anda akan diminta untuk menginstal ekstensi Kalender Google untuk Chrome. Saat ini, ketika Anda sedang offline di Google Calender, anda bisa melihat jadwal yang anda perbarui pada waktu yang terbaru. Modus ini sangan berguana bagi anda yang sering tidak terdapat jaringan internet misal anda sedang ada di pesawat.



©2011 radithTux™ - http://www.radithtux.blogspot.com

COMMENTS :




Don't Spam Here

0 komentar to “ Menggunakan Google Aplikasi Tanpa Koneksi Internet ”

Post a Comment

Bagi sobat-sobat silahkan comment disini, Insya Allah saya comment balik di blog anda dan Saya follow juga. Blog 7ASK adalah Blog Do Follow, Terimakasih atas kunjungan Anda..!

 

Copyright © 2008-2011 All Rights Reserved. Mobile View Powered by 7ASK / WAWAN ADIE and Distributed by Template

Facebook Twitter Mykaskus