Tuesday, March 3, 2009

CARA MENGUBAH WINDOWS XP TERASA WINDOWS VISTA





“TIPS, CARA MENGUBAH WINDOWS XP TERASA WINDOWS VISTA”

Bosan dengan tampilan Windows XP yang begitu-begitu saja? Bagaimana kalau kita ubah menjadi mirip Windows Vista. Ikuti caranya.
Tampilan sistem operasi teranyar Microsoft, Windows Vista memang mempesona. Berbagai fitur baru seperti Windows Sidebar, User Account Control (UAC), Parental Control, SuperFetch dan ReadyBoost memberikan nilai tambah bagi para penggunanya. Namun ada satu fitur yang sangat menonjol bernama Windows AERO yang dapat membuat Windows Vista hadir dengan penampilan window yang transparan (seperti kaca), animasi pada icon beresolusi tinggi, juga fitur eye candy yang mungkin sudah tidak asing lagi bagi para pengguna Mac OS X.
Tampilan Windows Vista yang menonjolkan efek gelas kaca membuat banyak orang bertanya, apakah tampilan tersebut bisa diwujudkan dalam versi Windows sebelumnya seperti Windows XP. Sebab sebagian pengguna Windows XP masih enggan beralih ke Windows Vista karena dukungan driver untuk beberapa hardware belum ada. Selain itu, berbagai software yang sering digunakan masih banyak yang belum berjalan sempurna di dalam lingkungan Windows Vista. Belum lagi tuntutan Windows Vista yang haus memori dan hardware berspesifikasi tinggi.
Untunglah harapan menikmati tampilan Vista di Windows XP bisa menjadi kenyataan. Ada beberapa software yang dirancang khusus untuk mengubah tampilan Windows XP menjadi mirip Vista. Kebanyakan software itu sangat mudah menjalankannya sebab hanya memerlukan sekali instalasi dan restart. Namun satu hal yang harus diwaspadai, data-data penting sebaiknya di-backup sebelum menjalankan software-software tersebut.
Tulisan ini menawarkan dua cara untuk mengubah tampilan Windows XP lama menjadi bercitarasa Vista. Cara pertama (memodifikasi uxtheme.dll) tidak terlalu membebani sistem Windows namun sedikit ngejlimet sedangkan cara kedua relatif mudah sebab hanya dengan beberapa kali klik tampilan Windows yang tadinya membosankan berubah menjadi lebih sedap dipandang. MLP (BI 48)
CARA PERTAMA

Ada baiknya kita mencoba yang sulit lebih dulu untuk memahami bagaimana cara bekerja Windows menampilkan visual style-nya. Theme standar yang disediakan Windows XP Home atau Pro dikendalikan oleh uxtheme.dll yang menerjemahkan file theme bernama MSStyles. Rupanya, dengan memodifikasi file uxtheme.dll, tampilan Vista bisa hadir dalam Windows XP. Tidak hanya itu, berbagai theme (MSStyles) bisa diunduh dari internet, entah itu tampilan mirip MacOS, Linux, dan sebagainya. Silakan ikuti cara ini dengan catatan Anda sudah melakukan backup data-data penting sebelumnya untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan.
1. Periksa Windows XP Service Pack apa yang Anda gunakan. Tekan tombol keyboard berlogo Windows + tombol Pause/Break secara bersamaan untuk membuka jendela system properties. Di situ akan terlihat Service Pack apa yang Anda gunakan, misal Service Pack 2.
2. Download lalu unzip file uxtheme.dll yang diperlukan. Jika Anda menggunakan:
Service Pack 1 download dari : berindo.com/xp_vista/UxThemePack_SP1.zip
Service Pack 2 download dari : berindo.com/xp_vista/UxThemePack_SP2.zip
3. Anda perlu mengunduh lalu unzip Replacer dari
http://www3.telus.net/_/replacer/ (unduh stable version). Replacer dengan cerdik mengganti system files bawaan Windows dan melakukan backup agar bisa kembali ke system files asli seandainya proses pergantian bermasalah.

Mengganti File Uxtheme.dll
1. Klik dua kali file Replacer (replacer.cmd).
2. Anda akan diminta untuk melakukan drag dan drop uxtheme.dll asli dalam folder system32 (biasanya C:\WINDOWS\system32\uxtheme.dll). Drag dan drop uxtheme.dlll ke dalam jendela replacer.
4. Tekan Enter.
5. Setelah itu Anda akan diminta melakukan drag dan drop file uxtheme.dll pengganti yang sudah Anda download sebelumnya ke dalam jendela Replacer. Pastikan file uxtheme.dll yang Anda drop sesuai dengan Service Pack yang Anda gunakan.
6. Anda akan dimintai konfirmasi apakah akan mengganti file itu atau tidak. Bila Anda yakin langkah yang diambil sudah benar, tekan Enter.
7. Replacer akan mengganti file uxtheme.dll lama dengan yang baru. Setelah itu restart komputer Anda.
8. Selamat! Sekarang Anda bisa menggunakan themes buatan orang lain yang bertebaran di internet di komputer Anda.
9. Oh ya, vista theme-nya download dimana? Silakan download 3 vista theme pilihan di berindo.com/xp_vista/vista_theme_xp.zip, unzip, lalu taruh tiga folder theme itu di C:\WINDOWS\Resources\Themes. Untuk mengubah theme, klik kanan di Desktop > Properties > Appearances tab > Windows and buttons.
Catatan: Kalau cara ini belum berhasil jangan berhenti. Download Multipatcher (semua Service Pack) dari berindo.com/xp_vista/uxpatcher.zip. Unzip lalu eksekusi file-nya. Ikuti perintah yang ada saat instalasi lalu restart.

CARA KEDUA
Cara kedua relatif lebih mudah karena hanya menginstal software yang sudah dirancang sedemikian rupa agar bisa mengubah tampilan Windows XP menjadi mirip Vista. Lakukan backup data penting lebih dulu sebelum menggunakan software-software yang disebutkan dalam tulisan ini. Selain mengubah tampilan Windows XP menjadi mirip Vista, software-software ini juga mengubah hampir semua lingkungan Windows termasuk logon screen, system tray icons, dan sebagainya. Selamat mencoba dan silakan pilih software mana yang cocok untuk Anda....
Software Gratis


Vista Transformation Pack 7
Download: softpedia.com/get/System/OS-Enhancements/Vista-Transformation-Pack.shtml
Besar File: Sekitar 32 MB
Software ini menawarkan banyak modifikasi di Windows XP mulai dari logon screen, icon-icon baru bahkan
Windows Media Player Skins. Modifikasi ini membuat suasana
Vista sangat terasa di Windows XP. Untuk memudahkan pengoperasian disediakan Configure User Accounts agar pengguna bisa memilih opsi apa yang ingin digunakan termasuk menginstal software pendukung lainnya seperti LClock, Thoosje’s Sidebar atau VisStart.
Vista Anthracite 1.31 Lite
Download: nekh-art-studio.deviantart.com/art/Vista-Anthracite-Pack-v1-31-L-44206890
Besar File: Sekitar 15 MB
Dalam versi terbarunya ini, Anda bisa memiliki dua pilihan untuk Logon Screens. Selain itu ada ratusan icon, image dan animasi yang diperbaharui dan dioptimalkan. Artinya, semua icon, image dan animasi standar bawaan Windows XP diubah menjadi mirip
Vista.
BricoPack Vista Inspirat Ultimate 2
Download: crystalxp.net/galerie/en.id.130.htm
Besar File: Sekitar 28 MB
BricoPack Vista Inspirat yang sudah banyak diulas di berbagai majalah ini juga mengubah Windows icons, logon dan visual style Windows XP menjadi mirip
Vista. Pastikan Anda mengikuti dengan benar instruksi yang diberikan agar Windows tidak menjadi bermasalah. Produk lainnya yang bisa dicoba dari situsnya adalah Brico Pack Crystal XP dan Brico Pack Longhorn Inspirat.
VistaMizer 1.2.1
Download: softpedia.com/get/Desktop-Enhancements/Themes/VistaMizer.shtml
Besar File: Sekitar 17 MB
Software ini bisa mengubah Windows XP, MCE atau Server 2003 menjadi mirip Vista dengan mengubah sedikitnya 380 file yang terdiri dari icon, image dan animasi yang sudah dimodifikasi. Sistem instalasi sudah didesain sedemikian rupa sehingga VistaMizer bisa di-uninstall bila pengguna ingin kembali ke tampilan Windows XP yang lama. Kalaupun Anda melakukan Windows Updates, VistaMizer akan memilah file sistem apa saja yang sudah di-update dan hanya memodifikasi file-file pilihan tersebut. Semuanya itu bisa dilakukan lewat program ekstra yang ada di VistaMizer.

Software Berbayar
WindowBlinds 5.5

Download: stardock.com/products/windowblinds/
Besar File: Sekitar 16 MB
Software yang satu ini cukup terkenal karena mendapat dukungan yang luas dari para penggunanya. Anda bisa mendownload ribuan theme lainnya yang mengambil rupa Linux, Mac OS X, dan sebagainya dari situs wincustomize.com. Satu kelebihan yang paling menonjol dibandingkan software-software gratis yang disebutkan sebelumnya adalah kemampuannya menampilkan efek kaca (glass) transparan yang benar-benar mirip dengan
Vista.
StyleXP 3.19
Download: tgtsoft.com/download.php
Besar File: Sekitar 18-22 MB
Menurut pembuatnya, StyleXP bukanlah skinning engine sebab software ini hanya memanfaatkan lebih jauh built-in visual style engine buatan Microsoft. Software ini menawarkan berbagai tool mulai dari mengubah wallpaper, logon screen, icon dan sebagainya. Ribuan theme-nya bisa didownload di www.themexp.org dan skinbase.org


COMMENTS :




Don't Spam Here

0 komentar to “ CARA MENGUBAH WINDOWS XP TERASA WINDOWS VISTA ”

Post a Comment

Bagi sobat-sobat silahkan comment disini, Insya Allah saya comment balik di blog anda dan Saya follow juga. Blog 7ASK adalah Blog Do Follow, Terimakasih atas kunjungan Anda..!

 

Copyright © 2008-2011 All Rights Reserved. Mobile View Powered by 7ASK / WAWAN ADIE and Distributed by Template

Facebook Twitter Mykaskus