Beberapa orang kadang berpikir menyetel karburator adalah pekerjaan
yang sangat gampang. Ganti jet-nya setingkat atau dua tingkat, meniru
setelan karburator orang lain yang sudah ketemu dan BOMM!! Mesin motor
melaju kencang. Hmmm… mungkin iya pada mesin standard ataupun mengalami
modifikasi ringan. Tapi untuk balap, tidak terdengar semudah itu. Ada
banyak kombinasi dari setingan idle jet, needle jet, posisi clip, main
jet, power jet, level bahan-bakar (set up pelampung), dan lain-lain dan
sebagainya. Ada setidaknya menurut perhitungan statistika, sekitar
13,860,000 kombinasi jeting dalam sebuah karburator
hehehehe… jika mau bermain karburator setidaknya siapkan mental, waktu
dan tenaga untuk menyelaraskan semua kinerjanya. Disini kami ingin
membantu dengan sedikit pengetahuan dasar dan penyetelan karburator
untuk mempermudah teman-teman dalam menemukan fine tuning, bisa
diaplikasi untuk menyetel ulang karburator yang udah pada modif mesin.
SET UP KARBURATOR
- Untuk bukaan gas dari kondisi tertutup hingga seperempat bukaan skep
- Ganti pilot jet / idle jet untuk mengatur campuran
- Setel ulang skrup udara untuk penyempurnaan aturan ( 1 ½ hingga 2 putaran keluar dari posisi menutup penuh)
- Dari posisi seperempat bukaan hingga sepertiga bukaan gas
- Setel posisi klip jarum skep
- Ganti tipe jarum skep
- Dari posisi sepertiga bukaan gas hingga bukaan penuh
- Ganti ukuran main jet untuk menyetel campuran udara bahan-bakar
- Ganti ukuran power jet (jika ada) untuk menyempurnakan campuran udara-bahan bakar
- Bukaan gas separuh hingga bukaan gas penuh
- Lakukan penyetelan campuran udara/bahan-bakar dengan penggantian mainjet, jarum skep, atau seting posisi klip jarum skep
- Lakukan pengecekan (baca) hasil pembakaran untuk melihat apakah setelan sudah tepat atau belum
- Dasar penyetelan skrup campuran udara di karburator adalah putar hingga menutup penuh, lalu buka satu setengah putaran keluar. Jika mesin masih berjalan dalam kondisi terlalu basah atau kering coba sedikit setel ulang skrup campuran udara lebih membuka atau menutup. Jika hal ini tidak dapat terkoreksi dengan beberapa putaran, maka gantilah pilot jet nya.
- Jika setelan terlalu basah antara bukaan gas posisi tertutup hingga terbuka separuh, dan tidak dapat dikoreksi dengan penyetelan skrup udara, maka ganti pilot jet ke ukuran lebih kecil.
- Menjalankan mesin dalam kondisi terlalu basah (campuran kaya) akan menjadikan mesinmu tidak berlari pada kemampuan terbaiknya, menjalankan mesin dalam kondisi terlalu kering lebih berbahaya dan akan merusak komponen mesin seperti piston, liner dan kepala silinder. Sebaiknya ketika melakukan penyetelan karburator, lakukan dari kondisi campuran kaya dan lakukan setelan lebih rendah secara bertahap untuk menemukan setelan pas.
- Lihat dan baca kondisi busi untuk mempelajari campuran yang dibutuhkan mesin.
- Jika elektroda berwarna hitam, atau basah jelaga; kondisi mesin terlalu banyak bahan-bakar (campuran kaya). Bahan-bakar yang tak terbakar menyebabkan kerak mengendap di busi.
- Busi kondisi kering dan berwarna keabu-abuan, atau bahkan putih kapur. Mesin berjalan dalam setelan yang terlalu kering, dan berbahaya bagi kondisi mesin. Pakai jet yang lebih besar untuk mendapatkan setelan yang lebih kaya.
- Warna elektroda kecoklatan dan bersih, maka kamu sudah menemukan setelan terbaik yang dibutuhkan mesin.
Jangan menjalankan mesin dalam kondisi campuran kering (miskin) dalam kondisi terlalu lama yang dapat mengakibatkan overheating (panas yang berlebihan) dan merusak komponen di dalam mesin.
Penyelesaian beberapa persoalan seting karburator.
Kondisi setelan : Campuran terlalu miskin
Metoda koreksi :
- Putar setelan skrup udara searah jarum jam (menutup) untuk memperkaya campuran.
- Ganti ukuran pilot jet ke angka yang lebih besar
- Ganti jarum skep ke diameter lebih kecil atau bentuk lebih runcing untuk memperkaya campuran bahan-bakar.
Kondisi setelan : Terlalu basah
Metoda koreksi :
- Putar keluar skrup setelan udara untuk memperbanyak campuran udara masuk
- Ganti pilot jet ke nomor lebih kecil
- Ganti jarum skep dengan model yang lebih gemuk
Kondisi setelan : Kering
Metoda koreksi : Ganti dengan ukuran mainjet lebih besar
Permasalahan : Ketika berakselari motor tersendat-sendat
Kondisi setelan : Basah
Metoda koreksi : Kecilkan ukuran mainjet
Permasalahan : Pada posisi seperempat bukaan gas mesin ngambang dan RPM tidak dapat teriak.
Kondisi setelan : Kering
Metoda koreksi :
- Pakai dimensi jarum skep lebih kurus untuk memperkaya campuran bahan-bakar
- Putar skrep setelan udara searah jarum jam untuk memperkaya campuran
Kondisi setelan : Terlalu Kaya
Metoda Koreksi :
- Setel campuran dengan menggunakan main jet lebih kecil, terus check kondisi kepala busi hingga warna terkoreksi
Tetap Sehat, Tetap Semangat! Biar bisa modifikasi mesin tiap hari.
Wassalammualaikum warrahmatullah
R.A.T motorsport
COMMENTS :
Don't Spam Here
0 komentar to “ TEKNIK DASAR PENYETELAN KARBURATOR ”
:a: :b: :c: :d: :e: :f: :g: :h: :i: :j: :k: :l:
Post a Comment
Bagi sobat-sobat silahkan comment disini, Insya Allah saya comment balik di blog anda dan Saya follow juga. Blog 7ASK adalah Blog Do Follow, Terimakasih atas kunjungan Anda..!