Thursday, September 3, 2009

Bagian mesin





Kepala silinder terletak di mesin bagian paling atas.Kepala silinder 4 tak sangat berbeda dengan kepala silinder motor 2 tak.Kepala silinder 4 langkah berguna untuk menempatkan noken as,klep busi dan beberapa komponen yang terkait.Sedangkan kepala silinder 2 tak hanya sebagai dudukan busi.DI bagian dalamnya ada cekungan yang berfungsi sebagai ruang baker dan juga dudukan busi.Semakin kecil ruang baker maka perbandingan kompresi semakin besar.Tetapi kecekungan uang bakar ini dibatasi oleh pergherakkan klep ( katup ),bila terlalu sempit dikuatirkan klep akan berbenturan dengan kepala piston ( seher ) dan juga bisa menimbulkan suara tembakan yang dikenal denga nama knocking ( ngelitik ).Knocking adalah terbakarnya gas kompresi yang ada di ruang silinder oleh panas mesin itu sendiri.Seharusnya gas kompresi dibakar oleh nyala busi,bukan oleh panas mesin.Akibat knocking ini maka kadang terdengar suara tembakan di mesin.Untuk mengurangi atau menghilangkan knocking ini bisa dengan cara menaikkan angka oktan bahan bakarnya,misal bila awalnya premium maka dinaikkan dengan menggunakan pertamax,bila awalnya pertamax maka dinaikkan dengan menggunakan pertamax plus,dan seterusnya.Cara lain untuk menghilangkan knocking bisa dengan cara : menambah volume ruang bakar,menambah paking yang ada di blok kepala silinder dan blok silinder,mengurangi ketebalan kepala piston.
Untuk menambah volume ruang bakar bisa dengan cara melubangi bagian dalam ruang bakar dengan menggunakan bor.Untuk mmengurangi ketebalan kepala piston bisa menggunakan gerinda atau dibubut.Semakin besar perbandingan kompresi maka tenaga motor juga akan semakin enak.
Untuk mengukur perbandingan kompresi digunakan rumus :
Y = Vl + Vc
Vc
Dimana :
Y : perbandingan kompresi
Vl : Volume langkah / isi silinder motor,biasa dengan satuan cc
Vc : Volume ruang bakar
Contoh :
Volume motor Karisma 125 cc,volume ruang bakarnya 13 cc,maka perbandingan kompresinya adalah :
Y = Vl + Vc
Vc
Y = 125 + 13
13
Y = 138
13
Y = 10,6 : 1
Jadi perbandingan kompresi Karisma ini adalah 10,6 : 1
Perbandingan kompresi selalu diikuti dengan angka 1,misal 10,6 : 1 ,9 : 1 ,8,8 : 1 ,dll.
Beberapa cara yang bisa ditempuh untuk memperbesar perbandinngan kompresi adalah :
  • Mengurangi ketebalan paking kepala silinder
  • Mengurangi ketebalan paking blok silinder
  • Mengganti tipe piston aslinya dengan piston dengan kepala yang lebih menonjol
  • Mengurangi volume ruang bakar dengan membubut bagian bawah kepala silinder
Perbandingan kompresi dan tekanan kompresi adalah idiom yang berbeda arti .Perbandingan kompresi biasanya tecantum di brosur penjualan motor sedangkan tekanan kompresi bisa diketahui hanya dengan alat ukur yang disebut Compression tester.
2.Blok Silinder
Silinder blok adalah tempat bergeraknya piston dan sebagai penampungan gas.Blok silinder dinding dalamnya supaya tarikan motor enak yaitu harus halus,tidak boleh ada goresan,titik-titik walaupun sebesar titik ballpoint.Blok silinder terbuat dari baja karena diyakini bahan ini adalah metal yang tahan terhadap pemuaian dan panas.Untuk mengetahui apakah blok silinder masih layak digunakan atau tidak,bisa dilakukan dengan cara sebagai berikut :
Bila dimasukkan pistonnya dari bagian bawah dan ratakan bagian kepala piston dengan permukaan blok lalu posisikan lobang blok vertical,bila pistonnya bisa jatuh berarti blok silinder sudah kurang layak pakai,bila dpaksakan akan boros BBM dan juga suara mesin akan sangat kasar.Bila kondisi piston sudah bisa jatuh dari lobang bloknya,maka lobang blok silinder harus diperbaiki.Memperbaiki blok silinder berarti menambah diameter lobangnya,bahasa umunya disebuit dengan korter.Apabila blok silinder sudah dikorter maka piston harus mengikuti diameter dari lobangnya.Lobang silinder bahasa umumnya orang menyebut boring.Untuk melakukan korter dilhat dulu bagaimana kondisi boringnya,rusak parah atau ringan.Rusak parah biasanya terjadi karena piston sudah berasap /ngebul tapi tidak segera diganti atau menunda penggantian,sehingga boring akan semakin dalam tergores.Ukuran korter dari yang paling kecil adalah 25 dan paling besar 200.Maksudnya adalah diameter boring ditambahkan ukuran korter.
Contoh : diameter boring awalnya 49,5 mm,lalu akan dikorter dengan 50,maka diameter boringnya menjadi 49,5 + 0,50 = 50 mm.Ukuran penambahan korter selalu dibagi dengan angka 100.Misal korter 50 berarti 50 : 100 = 0,5 mm.Secara umum satuan panjang yang digunakan adalah millimeter ( mm ).Semakin besar diameter boring,maka volume motor akan semakin besar. Atau cc motor tambah.Untuk menambah volume boring bisa juga mengganti piston dengan piston motor lain asalkan ukuran pen piston sama.Contoh motor Grand bisa gunakan piston Jupiter Z over size 100 atau piston Kaze.Over size adalah ukuran lebih dari standar.Bila menggunakan piston motor lain yang diameternya lebih besar maka, sekeliling piston bagian atas harus dipapas atau dikurangi 2 mm ke arah dalam dan 1 mm ketebalan.Untuk memapas kepala piston bisa digunakan gerinda atau gergaji besi..
Untuk mendapatkan tekanan kompresi yang lebih bagus,dinding boring diamplas halus setelah dikorter.Angka amplas yang digunakan adalah 1000 s/d 1500.Amplaslah diding silinder dengan arah melingkar.Amplaslah permukaannya sampai benar-benar halus.Waktu mengamplas lumasilah dindingnya dengan minyak tanah atau solar.Untuk mesin model baru kebanyakan menggunakan langkah piston yang lebihh pendek dari diameter boringnya.Mesin ini dikenal dengan sebutan over squre engine.Untuk mengetahui volume silinder bisa kita hitung secara matematis yaitu menghitung volume tabung yaitu denga rumus :
V = 1 x II x D x t
4
Dimana :
V : volume silinder
II : 3,14
D : Diameter silinder
t : panjang langkah / tinggi silinder
Untuk mengukur diameter , panjang langkah bisa gunakan jangka sorong ( vernier caliper ).
Contoh :
Diketahui diameter silinder adalah 55 mm,panjang langkah 60 mm,maka volume silinder atau volume langkah adalah :
D : 55 mm
t : 60 mm
V = 1 x II x D x t
4
= 0,25 x 55 x 55 x 60
= 0,25 x 181500
= 142477,5 mm
= 142,4775 cm dibulatkan = 142 cc
Untuk mengetahui perbandingan kompresi bisa gunakan rumus yang sudah dibahas di bab kepala silinder.
3.Transmisi
Di bagian ini merupakan bagan mesin yang paling rumit.Untuk transmisi biasanya jarang diganti,selain biaya yang dibutuhkan cukup mahal juga jarang diperjualbelikan secara langsung,andaipun bisa harus pesan dahulu.
Di dalam transmisi terdapat perkaitan gigi yang selalu berputar.Perkaitan ini tergantung motor.Apabila motor 4 tingkat percepatan berarti ada 4 kaitan gigi,bila 5 percepatan juga 5 perkaitan gigi dan seterusnya.Gigi dalam transmisi umunya dikenal 2 macam,yaitu : gigi primer dan gigi sekunder.Gigi primer adalha gigi yang menghasilkan tenaga sedangkan gigi sekumder adalah gigi yang diputar langsung oleh gigi primer.Di system transmisi juga dikenal rasio gigi.Semakin kecil rasio gigi maka laju motor akan semakin kencang,tetapi untuk tarikan awal ,tanjakan dan beban berat lebih berat.Oleh karena itu bila motor baru jalan maka menggunakan rasio gigi paling besar di satu motor yaitu gigi 1 karena gigi 1 merupakan perkaitan gigi dengan rasio paling besar.Gambarannya dengan putaran mesin yang sama bila menggunakan rasio gigi berbeda akan didapat kecepatan dan tenaga yang berbeda pula.Untuk mengetahui rasio gigi gunakan rumus = Np : Ns,
Dimana :
Np = jumlah mata gigi yang memutar
Ns = jumlah mata gigi yang diputar
Contoh :
Gigi sekunder mempunyai 47 mata dan gigi primer mempunyai 22 mata,maka rasio gigi adalah 47 : 22 = 2,136.
Dalam system transmisi terdapat 2 macam bentuk gigi yaitu gigi cacing ( worm gear ) dan gigi konvensional.Jenis roda gigi konvensional umumnya digunakan di motor harian,sedangkan jenis roda gigi cacing digunakan untuk motor balap atau jenis balap.Roda gigi konvensional bisa dilihat dari bentuknya mata gigi yang rata,sedangkan roda gigi cacing dengan mata gigi yang miring atau bahkan berbelok.
Keuntungan menggunakan gigi konvensional / rata :
  • Mudah dalam pemasangan
  • Mudah dalam pembuatan dan murah
  • Mudah mencari karena banyak dipakai di banyak motor.
Kerugian :
  • Suara kasar
  • Tenaga berat
  • Mudah patah
Keuntungan menggunakan roda gigi cacing
  • Suara lebih halus
  • Tenaga yang dihasilkan lebih besar dan BBM lebih hemat
  • Lebih kuat
Kerugian :
  • Harga yang mahal
  • Susah dalam pembuatan dan mahal
  • Susah dicari pengganti,karena jarang digunakan.
Dengan rasio gigi yang sama tetapi berbeda jenis roda gigi,maka tenaga dari motor yang menggunakan jenis transmisi ini tenaga akan lebh besar.
Jadi pada saat motor berjalan tenaga yang dihasilkan paling besar pada saat berada di gigi 1,tapi kecepatan kurang,mengkonsumsi BBM lebih,lalu menaikkan gigi ke level gigi 2.3 dan seterusnya,artinya mengurangi tenaga awal,menambah percepatan,mengurangi suplai BBM.Oleh karena itu motor yang mengalami macet akan menghabiskan BBM yang lebih banyak untuk menempuh jarak yang sama.Pada saat berjalan lancar gaya dorong motor menambah kecepatan,sehingga dengan putaran mesin yang sama kecepatan motor semakin bertambah.Oleh karena itu berjalan dengan gas stabil atau konstan akan lebih menghemat BBM daripada dengan membuka dan menutup gas sering.
4.Kopling
Kopling berfungsi untuk memutuskan, menghubungkan dan menyeimbangkan kembali saat memindahkan tingkat percepatan.Tanpa kopling perpindahan gigi tidak bisa dilakukan.Bila sumber tenaga terlalu besar maka motor akan loncat sedangkan bila tenaga sumber terlalu kecil maka mesin akan mati.Menurut kerjanya kopling dibedakanmenjadi 2 ,yaitu :
Kopling manual dan kopling otomatis.
Kopling manual yaitu untuk menggerakkan masih diperlukan tenaga tambahandari luar yaitu bisa tarikan kabel atau juga batang pendorong.Sedang koling otomatis bekerja secara langsung menurut putaran mesin,saat putaran motor mencapai kisaran tertentu motor baru akan jalan.
Keuntungan kopling manual :
  • Tenaga yang dihasilkan mesin akan langsung ke transmisi,sehingga tenaga akan disalurkan sempurna
  • Konstruksi lebih sederhana
  • BBM akan lebih hemat
Kerugian :
  • Lebih melelahkan karena membutuhkan tenaga manusia,oleh karena mayoritas kopling manual digunakan untuk motor kaum pria
  • Apabila terjadi putus kabel kopling atau batang penarik,maka sama sekali motor tidak bisa digunakan.
Keuntungan kopling otomatis :
  • Praktis saat menggunakan,sehingga kebanyakan kaum hawa menggunakan ini karena tidak memerlukan tenaga manusia.
  • Bila ada gangguan sedikit motor masih bisa digunakan
Kerugian :
  • Lebih rumit dan mahal karena banyak komponen
  • Tenaga dari mesin tidak akan disalurkan ke transmisi secara optimal,karena di kopling otomatis akan membuang sedikit tenaga dari mesin sekitar 20-25 %
  • Lebih boros BBM sekitar 15-20 %.
Di kopling manual potensi kehilangan tenaga masih ada,tetapi masih kecil, tapi bisa diatasi dengan cara pemakaian yang baik dan penyetelan handel kopling yang benar.
Ada beberapa langkah yang bisa dilakukan untuk mengurangi kerugian tenaga pada kopling,antara lain : mengganti per kopling dengan ukuran yang lebih tinggi,menambah ring penggganjal di bawah per kopling,menambah satu buah plat kopling,memperdalam alur kanvas kopling,memotong sedikit batang pusat kopling,melembekkan per pada kanvas kopling otomatis.
Mari kita bahas satu per satu :
a.Mengganti per kopling dengann yang lebih tinggi.
Jumlah per kopling berbeda tiap jenis motor dan juga bentuknya.Ada per yang model spiral dan ada juga per model plat yang dikenal dengan per matahari.Secara umum per yang banyak digunakan adalah per spiral.Bila mengganti per spiral jangan melebihi 0,5 cm dari per aslinya karena akan sudah dioper gigi alias keras.Sedangkan untuk per matahari bisa diganjal dengan plat melingkar dengan ketebalan kurang dari 1 mm,karena bila lebih akan sulit memasang di kopling,bahkan bisa terjadi kemungkinan per tidak bisa menekan karena tenaga tekan akan berbalik arah dari arah tekanyang seharusnya.
b.Menambah ring pengganjal di bawah per kopling model spiral
Ring pengganjal berguna untuk menambah gaya tekan per kopling.Ring pengganjal jumlahnya harus sama denga jumlah per kopling dengan diameter yang sama atau hamper sama dengan per kopling dan dengan tebal semua ring harus sama.Penggunaan ring pengganjal dengan ketebalan yang berbeda maka kinerja kopling bukannya tambah enak malah akan bertambah berat karena tekanan kopling akan hilang atau berkurang setengah.
c.Menambah satu buah plat kopling
Plat kopling jumlahnya bervariasitergantung tipe motor.Ada yang 4 ada juga yang 5 buah.Bila plat kopling jumlahnya 4 buah maka ditambah 1 buah.Penempatan plat tambahan satu ini tempatkan tumpuk dengan salah satu plat yang ada.Dengan penambahan plat ini maka tenaga dari mesin akan bisa tersalur lebih baik.
d.Memperdalam alur kanvas kopling
Alur kanvas kopling berguna untuk memperkuat kaitan antara plat dengan kanvas kopling,sebagai tempat aliran oli.Memperdalam alur ini berarti memperkuat kaitan antara kanvas dengan plat kopling,memperbanyak oli yang menempati alur.Dengan memperkuat kaitan antara kanvas dengan plat kopling akan mengurangi kerugian tenaga yang hilang akibat gesekan.
e.Melembekkan elastisitas per kanvas kopling sentrifugal.
Kopling sentrifugal biasa orang sebut dengan otomatis kopling.Di dalam kopling sentrifugal terdapat kanvas yang berguna untuk meneruskan tenaga dari mesin ke transmisi melewati kopling otomatis.Kanvas kopling sentrifugal hanya terdapat di motor yang menggunakan kopling otomatis yaitu motor-motor bebek ( cub ).Pada saat putaran mesin tertentu kanvas kopling sentrifugal akan mulai menekan mangkoknya.Ada juga motor yang baru mulai jalan setelah putaran mesin 2000 RPM ( rotation per minute / putaran per menit ).Oleh karena itu dengan melembekkan per kanvas kopling ini mesin berputar tidak sampai 2000 RPM,motor sudah mulai jalan.
f.Memperdalam alur pada kanvas kopling sentrifugal
Alur pada kanvas kopling ini berfungsi memperkuat cengkeraman ke dinding dalam mangkok kopling sentrifugal.Kuat atau lemahnya cengkeramannya bisa ditambah dengan memperdalam alur kanvasnya.Alur ini juga berguna agar oli juga ikut membantu menekan mangkoknya,apabila alurnya lebih dalam berarti oli yang bisa tertampung lebih banyak dan dengan adanya seperti ini maka tenaga pun yang digunakan untuk mendorong dinding mangkok juga lebih besar.
5.Kopling sentrifugal
Koling sentrifugal atau otomatis kopling berfungsi sebagai pengganti gerakan manual,yang apabila manual menggunakan koling tangan maka kopling sentrifugal ini sebagai penggantinya.Dinding kopling sentrifugal yang masih bagus adalah rata betul,seperti halnya ratanya tromol roda..Bila ada goresan-goresan maka sebaiknya diganti karena bila tidak maka akan memperberat tenaga dan memboroskan pemakaian BBM.Untuk memperingan putaran kopling otomatis bisa dibuatkan beberapa lubang di bagian samping,agar bobotnya menjadi lebih ringan dan juga oli akan dengan mudah memasukinya.
unit kopling sentrifugal
6.Karburator
Komponen ini terdiri dari berbagai macam bagian.Karburator berfungsi mencampur bensin dengan udara supaya menjadi gas yang akan dimasukkan ke dalam ruang bakar.Di dalam karburator ada bagian yang disebut main jet,skep ,jarum skep dan lain-lain.Main jet mempunyai lubang di tengah badannya yang berfungsi untuk menghisap bensin dari mangkoknya untuk dibuat gas.Main jet dalam harian juga dikenal dengan sebutan spuyer.Lubang main jet ini bermacam-macam besarnya.Penunjukkan besar diameter lubang ini digunakan penomoran seperti 72,75,80,105 ,125 dan lain-lain.Maksud dari nomor ini adalah menunjukkan diameter dari lubang itu.Contoh main jet denga nomor 75 maksudnya adalah main jet dengan diameter 75 / 100 = 0,75 mm.Main jet dengan nomor 112 maksudnya 112 / 100 = 1,22 mm dan seterusnya selalu dibagi dengan 100.Semakin besar diameter main jet maka bensin yang dihisap ke ruang bakar juga semakin banyak sehingga tenaga yang dihasilkan motor juga akan terdongkrak.Tetapi bila penambahan diameternya terlalu besar,bensin juga tidak bisa keluar,karena bensin terlalu berat untuk naik dikarenakan jumlahnya terlalu banyak.Gambaran mudahnya begini.Bila jarum suntik lubangnya diperbesar dari aslinya maka aliran air makin lancar tapi jarak tembaknya makin dekat.Coba anda praktekkan dengan tenaga dan air yang sama tapi gunakanlah lubang jarum yang berbeda-beda,maka ada lubang jarum tertentu yang bisa mengeluarkan air dengan lancar dan dengan jarak semprot yang jauh ,tidak semakin besar semprotan makin jauh bukan ?
Sama halnya bila lubang main jet terlalu besar bisa mengakibatkan gas yang terbuat dari campuran bensin dan udara tidak akan sempurna menjadi gas dan masih ada butir-butir bensin yang bercampur bersama gas.Bila butir-butir ini masuk ke dalam mesin maka butir-butir ini tidak akan bisa dibakar semuanya oleh busi,sehingga mesin akan berebet atau tersendat-sendat jalannya.Bila campuran bensin dan udara menjadi gas yang sempurna maka gas akan bisa dibakar semua oleh busi sehingga pembakaran gas akan bagus.
Di karburator ada juga yang disebut jarum skep yang berfungsi untuk membuka dan menutup lubang main jet.Bila handel gas ditarik maka jarum skep akan membuka dan mesin bertambah putarannya.Semakin dalam menarik handel gas maka skep akan membuka lubang main jet semakin lebar.Untuk mempercepat aliran bensin dari main jet diameter jarum skep bisa dikurangi dengan jalan mengamplasnya perlahan-lahan.Pengurangan diameter jarum skep in tidak boleh melebihi 0,02 mm,karena bila melebihi motor akan susah untuk putaran rendah dan bisa juga BBM akan tambah boros.
Di karburator juga ada bagian yang disebut dengan skep.Skep berfungsi sebagai pegangan jarum saat handel gas ditarikSkep ini mempunyai tinggi yang berbeda tiap jenis motor.Semakin tinggi skep maka kecepatan maksimal motor akan berkurang.Sebagai contoh bila kondisi awal motor hanya bisa mencapai kecepatan puncak 100 km / jam,maka bila tinggi skep dikurangi maka kecepatan skep akan bertambah tergantung pengurangan tinggi skepnya.Contoh bila motor Grand kecepatan maksimal awalnya bisa 110 km / jam,maka dengan pengurangan ketinggian skep sekitar 5 mm,maka kecepatan puncak bisa mencapai 125 km / jam.Pengurangan ketinggian skep ini disarankan tidak lebih dari 7 mm,karena bila lebih bisa berakibat mesin akan timbul suara nembak-nembak di knalpot.
Di antara karburator dengan blok mesin ada komponen yang disebut intake manifold atau bahasa umumnya leher angsa.Intake manifold ini ada yang menggunakan pipa dan ada pula yang menggunakan karet.Pipa umumnya digunakan pada motor bebek ( cub ) dan karet digunakan pada motor sport.Di dinding alam manifold mumnya mempunyai permukaan yang kasar.Permukaan yang kasar juga mengurangi kecepatan masuknya gas ke mesin.Semakin cepat gas masuk ke mesin maka tenaga motor akan semakin responsive.Untuk mempercepat aliran gas ke mesin bisa dengan cara memperhalus dinding dalam manifold.Gunakanlah amplas untuk memmperhalus dindingnya.Amplaslah sampai halus,tapi jangan terlalu halus bagaikan permukaan sendok.Amplaslah sampai halus sehalus permukaan dinding tromol yang sudah sering dipakai tapi yang belum aus.
Bisa juga untuk mempercepat mmasuknya gas ke mesin bisa dengan jalan memperpendek manifold.Semakin pendek manifold maka gas akan masuk lebih cepat.Pemendekkan manifold ini bisa dilakukan dengan mengganti tipe motor lain atau bisa dengan memotongnya dan menyambung kembali.
Bisa juga dengan mengammplas dinding dalam karburator gas akan masuk ke mesin lebih cepat.
7. Pelumas
Pelumas atau oli adalah hal sangat penting di dalam mesin,sama seperti darah dalam tubuh.Oli yang bersih sangat berpengaruh terhadap performa mesin.Oli bersih akan mengakibatkan halus saat pengoperan gigi,mesin menjadi lambat panas,suara mesin lebih halus,tarikan lebih ringan.Pelumas yang umum dipakai digunakan di motor adalah SAE 10W-40 s/d
20W- 50.Untuk kebanyakan mesin menggunakan SAE 20W-50.Ada beberapa tipe motor yang menggunakan oli dengan SAE 10W-40.Penggunaan oli yang bagus adalah SAE 10W-40 digunakan untuk motor-motor dengan tingkat presisi yang tinggi dan motor-motor VIP,sedangkan motor menengah yaitu motor dengan pemakaian kurang dari 100.000 km jarak tempuh bisa menggunakan oli dengan SAE 15W-40,sedangkan untuk motor lama atau pemakaian di atas 100.000 km jarak tempuh,maka sebaiknya menggunakan oli dengan SAE 20W-50 karena bila menggunakan oli dengan kekentalan yang lebih encer maka mesin menjadi cepat panas dan suaranya kasar.Sekarang timbul pertanyaan kenapa menjadi cepat panas ? Karena bila sudah mencapai jarak tempuh 100.000 km bahkan lebih bagian-bagian mesin satu dengan yang lain sudah mempunyai celah yang cuckup lebar dari aslinya.Celah in bisa bertambah s/d 30 % dari aslinya,akibatnya gesekan dan pukulan yang terjadi semakin besar.Oli ini berfungsi menghalangi gesekan dan pukulan langsung antara beberapa bagian yang saling bersinggungan.Bila oli di bawah SAE 20W-50 maka oli ini aka lebih cepat keluar akibatnya gesekan pun terjadi.Memang ada oli yang walaupun dengan kekentalan di bawah atau sama dengan SAE 15 W- 40,tapi bisa digunakan untuk motor-motor lama,tapi tentunya dengan harga yan cukup mahal tapi memang suara yang dikeluarkan lebih halus dan tenaga lebih ringan.Tapi biasanya oli ini digunakan oleh para yang fanatic sama motor karena harag yang cukup mahal satu liter di atas Rp 80.000 bahakan ada pula yang mencapai Rp 200.000.
Pada dasarnya bila menggunakan oli dengan SAE semakin besar maka kerja mesin akan semakin berat,sehingga membutuhkan BBM yang lebih banyak.Dengan SAE lebih kecil BBM akan lebih hemat,tarikan motor menjadi lebih ringan tapi memang suara mesin lebih kasar dan juga cepat panas.Kadang kala ada beberapa orang yang berpendapat oli mobil ada juga yang mempunyai kekentalan SAE 20W-50,sama dengan oli pada motor.Tapi jangan sampai keliru bahwa di mobil kopling dengan mesin merupakan bagian yang terpisah dan kopling mobil tipe kering tidak membutuhkan oli.Oli di mobil menggunakan bahan tambah ( additive ) yang disebut anti-friction,yang bila addtif ini masuk kedalam kopling motor maka motor akan lebih berat larinya.Sedangkan oli motor sebagai penghantar tenaga di kopling motor,karena kopling motor sangat perlu dengan oli.
C.Bagian Pengapian
1.Spool Pengapian
Bila diibaratkan spool adalah generator mini.Tapi memang benar spool adalah sebuah generator pembangkit listrik dalam motor.Spool befungsi sebagai pembangkit listrik baik untuk pengapian,pengisian maupun penerangan.Besar kecilnya listrik yang dihasilkan oleh spool tergantung dari bebrapa factor ,yaitu :
  1. Banyaknya kumparan
  2. diameter kumparan
  3. diameter kawat kumparan,
  4. berat jenis bahan kumparan
  5. jumlah besi kumparan ( skeren )
  6. kekuatan medan magnet kumparan .
Bila listrik yang dihasilkan untuk pengapian lebih kecil dari spesifikasi,maka motor akan susah dihidupkan,tenaga lemah,berebet dan lain-lain.Melemahnya listrik yang dihasilkannya terjadi karena beberapa factor : ada bagian kumparan yang terkelupas,terbakar,terkena air dan lainnya.Untuk bisa memenuhi kebutuhan listrik supaya pengapian tetap bagus,maka minimal harus menghasilkan listrik yang diperlukan atau sekitar 30 Volt.Bila spool bisa menghasilkan listrik secara besar dan kontinyu maka pengapian akan selalu bekerja dengan baik.Untuk memperbesar listrikyang dihasilkannya bisa dengan cara : menambah jumlah kumparan dan mengganti kawat kumparan dengan yang lebih kecil.
2.Magnet
Magnet berfungsi mengeluarkan medanmagnet di sekitar spool agar menghasilkan listrik.Selain itu magnet juga berfungsi untuk menyeimbangkan putaran mesin supaya mesin tidak terlalu bergetar.Magnet menurut tempat kerjannya digolongkan menjadi 2 ,yaitu : magnet basah dan magnet kering.Magnet basah yaitu di dalam mesin ikut terendam oli sedangkan magnet kering tidak terkena aliran oli.Magnet basah biasanya digunakan oleh motor sport tapi ada juga beberapa motor bebek ( cub ) yang menggunakan magnet basah.
Bila satu motor yang sama bila menggunakan magnet kering tenaga motor akan lebih besar.Tetapi magnet basah bisa menghasilkan listrik yang lebih stabil dan umur pemakaian yang lebih awet baik magnet maupun kumparannya.Bobot magnet merupakan salah satu factor yang membuat tenaga motor lebih berat.Untuk meringankan bobot magnet bisa dilakukan cara membubut bagian magnet yang kurang diperlukan.Di motor 4 langkah di bagian diameter luar magnet terdapat tonjolan segi empat dengan panjang 1,5-3 cm lebar 0,5-1 cm dan tebal 1 -1,5 mm.Tonjolan ini berfungsi untuk mebnagkitkan listrik di pulser.
3.Pulser
Pulser berada di samping magnet berfungsi sebagai penghasil listrik yang berguna untuk mengeluarkan listrik yang tersimpan di CDI.Besarnya tegangan yang dihasilkan oleh pulser 0,3-0,7 volt.Selama pulser tidak memberikan tegangan ke CDI,maka CDI tidak akan mengeluarkan listrik.Pulser hanya dimiliki oleh motor 4 langkah,sedangkan pada motor 2 langkah CDI mengeluarkan listrik yang tersimpan di CDI berdasarkan waktu yang terprogram di CDI.Posisi pulser sudah terprogram di satu tempat karena menyesuaikan putaran mesin.Bila pulser dirubah kedudukannya maka mesin akan susah bahkan tidak bisa dihidupkan.Ada beberapa efek yang ditimbulkan bila kedudukan pulser berubah.Bila kedudukannya lebih maju motor tidak bisa untuk putaran tinggi bahkan menengah,sedangkan bila kedudukan lebih mundur motor tidak bisa putaran rendah,tapi lebih bagus untuk putaran tinggi.
4.CDI ( Condensator Discharge Ignition )
Berfungsi menyimpan listrik dari spool lalu menaikkannya dan mengeluarkan sesuai pulser mengeluarkan listrik.CDI berupa rangkaian elektronika khusus yang sudah diprogram sesuai kebutuhan motor.CDI mengandalkan condensator sebagai penyimpan listrik sementara..oleh karena itu disebut CDI karena listrik yang ada di condensator dikosongkan ( discharge ).Menurut listrik yang digunakan untuk mensupali tegangan ke CDI,maka CDI dibagi menjadi 2 macam yaitu : CDI DC dan CDI AC.CDI DC baru bisa bekerja bila listrik yang masuk berupa listrik DC ( Direct Currant = listrik searah ) sedangkan CDI AC bila listrik yang masuk berupa listrik AC ( Alternating Currant = listrik bolak-balik ) maka CDI akan bekerja.Di CDI terdapat beberapa terminal yang berfungsi sesuai criteria.Di tipe beberapa motor bisa saling tukar CDI nya.
5.Koil
Koil berfungsi menaikkan atau melipatgandakan tegangan yang masuk.Di dalam koil terdapat 2 kumparan yaitu : kumparan primer dan kumparan sekunder.Kumparan primer berfungsi sebagai kumparan penerima tegangan yang masuk sedangkan kumparan sekunder berfungsi menaikkan tegangan yang ada di dalam kumparan primer.Untuk memperbesar hasil tegangan yang keluar dari kumparan sekunder tidak bisa dilakukan dengan cara mengotak-atik koil.Cara yang bisa dilakukan adalah dengan cara mengganti koil dengan yang lebih besar,contoh dengan cara mengganti koil motor dengan koil mobil.Dengan koil mobil dengan tegangan masuk yang sama maka tegangan yang dihasilkan kumparan sekunder koil mobil lebih besar.Apabila tegangan yang keluar dari kumparan sekunder besar maka pembakaran akan sempurna,karena gas yang ada di ruang bakar akan terbakar dengan sempurna.Semakin bagus pembakaran yang dihasilkan maka tenaga motor akan semakin bagus karena tidak ada gas yang terbuang percuma.
6.Busi
Berfungsi untuk membakar gas kompresi yang ada di ruang bakar.Busi mempunyai pengangkaan yang menunjukkan kemampuan bertahan busi terhadap panas mmesin dan lingkungannya.Untuk motor yang cepat panas atau bervolume mesin besar menggunakan busi dingin sedangkan mesin dengan volume pembakaran kecil maka busi panas menjadi solusinya.Besar kecilnya api yang dihasilkan busi mempengaruhi tenaga motor.Busi dengan api yang lebih besar akan membakar gas lebih baik dari pada yang lebih kecil.Begitu pula dengan api busi yang tepusat juga akan mengasilkan pembakaran yang lebih bagus daripada api busi yang berpencar.Api yang berpencar akan ada api yang terbuang sehingga ada beberapa molekul yang tidak terbakar.Oleh karena itu usahakan gas yang ada di ruang bakar terbakar dengan sempurna.Semakin sedikit gas yang terbuang maka tenaga motor akan semakin ringan dan juga BBM akan lebih hemat.Penggunaan busi yang bagus pembakarannya adalah dibawah jarak tempuh 7000 km.Setelah melewati jarak tempuh tersebut sebaiknya busi diganti,karena akan berpengaruh terhadap pembakaran bila tidak diganti diantaranya busi cepat hitam,bensin lebih boros,mesin kadang kala tersendat-sendat.Memang bila menuruti hidupnya busi memang sampai puluhan ribu kilometer juga tetap hidup,bila tidak terjadi kelainan pembakaran atau kerusakan busi.Bila busi uang sudah lewat jarak tempuh terus digunakan bisa berakibat asap motor hitam,asap yang dihasilkan dirasakan pedih bila terkena mata.Kerusakan busi bisa diakibatkan oleh beberapa faktor antara lain : campuran udara-bensin kurang bagus,terjadi kerusakan pada ring piston,sering terjatuh,dan lain-lain.

COMMENTS :




Don't Spam Here

0 komentar to “ Bagian mesin ”

Post a Comment

Bagi sobat-sobat silahkan comment disini, Insya Allah saya comment balik di blog anda dan Saya follow juga. Blog 7ASK adalah Blog Do Follow, Terimakasih atas kunjungan Anda..!

 

Copyright © 2008-2011 All Rights Reserved. Mobile View Powered by 7ASK / WAWAN ADIE and Distributed by Template

Facebook Twitter Mykaskus