Thursday, September 3, 2009

bagian-bagian speda motor

Pandu Keadilan dituntut untuk bisa mengendarai berbagai macam tipe kendaraan. Ok, kali ini kita akan belajar mengemudikan kendaraan bermotor roda dua atau yang kita kenal dengan sepeda motor. Kendaraan ini biasanya menggunakan dua roda dan satu mesin. Kendaraan ini bisa dinaiki secara aman oleh 1-2 orang saja.
Sebelum memulai belajar sebaiknya kita mulai dengan mengenal bagian penting dari sepeda motor. Yang perlu kita ketahui dari kendaraan bermotor roda dua adalah sistem penggerak dan peralatan keselamatan.
Sistem Penggerak
Sepeda motor menggunakan beberapa macam tipe mesin penggerak, secara umum berbahan bakar bensin 2-tak dan 4-tak. Tipe 2-tak menggunakan sistem pembakaran dua langkah, tipe ini selalu menggunakan oli mesin untuk membantu kelancaran pembakaran, ciri utamanya adalah selalu ada asap yang keluar dari sistem pembakaran. Tipe 4-tak menggunakan sistem pembakaran empat-langkah, tipe ini tidak memerlukan oli mesin untuk pembakaran, untuk keadaan normal tidak terlihat asap keluar dari sistem pembakaran.
Bagian lain dari sistem penggerak adalah transmisi. Transmisi sepeda motor biasanya menggunakan rantai, ada pula yang tidak memerlukan rantai. Untuk transmisi rantai biasanya mesin berada di tengah di antara roda depan dan roda belakang, mesin menggerakkan roda belakang dengan menggunakan rantai. Untuk transmisi tanpa rantai, biasanya mesin sudah berada di dekat roda belakang yang digerakkan menggunakan gardan, atau transmisi langsung.
Untuk pengaturan kecepatan transmisi, ada beberapa tipe, tipe kopling, kopling  otomatis, dan tipe matic. Tipe kopling, biasanya sebelum menggerakkan tuas perpindahan roda gigi percepatan, harus menarik tali kopling. Tipe Kopling otomatis, tidak perlu menarik kopling, sedang tipe matic tidak perlu menggerakkan tuas persneling untuk menambah gigi percepatan.
Untuk sepeda motor biasanya gigi percepatan tipe tanpa kopling adalah 4 percepatan dan biasanya bertipe bebek (karena bentuk awalnya mirip bebek). Untuk tipe kopling biasanya menggunakan 5 gigi percepatan dan rata-rata adalah motor tipe laki (karena yang lazim menaiki adalah laki-laki).  Sedangkan untuk tipe matic tidak ada perpindahan gigi percepatan secara manual, perpindahan gigi percepatan dilakukan otomatis oleh mesin penggerak.
Peralatan Keselamatan
Peralatan keselamatan yang utama adalah penahan laju kendaraan atau yang biasa kita sebut dengan rem. Rem yang aman digunakan adalah rem depan dan rem belakang. Sistem pengereman juga ada dua macam, tipe tromol dan tipe cakram. Tipe tromol menggunakan kampas tromol rem sebagai penahan laju kendaraan dan biasanya menarik kampas rem ini menggunakan tali. Tipe cakram menggunakan bantuan sistem hidrolis untuk menggerakkan kampas rem cakram.
Peralatan keselamatan yang tidak kalah penting adalah lampu. Ada tiga lampu utama yang harus ada pada sepeda motor yaitu lampu utama, lampu sein, dan lampu rem. Lampu utama adalah lampu yang dipasang di depan sebagai penerangan untuk berkendara di malam hari. Lampu sein adalah lampu yang dinyalakan apabila pengendara berkeinginan berbelok, ke kanan atau ke kiri. Sedangkan lampu rem adalah lampu yang dipasang di belakang yang menyala apabila pengendara menekan tuas rem.

COMMENTS :




Don't Spam Here

0 komentar to “ bagian-bagian speda motor ”

Post a Comment

Bagi sobat-sobat silahkan comment disini, Insya Allah saya comment balik di blog anda dan Saya follow juga. Blog 7ASK adalah Blog Do Follow, Terimakasih atas kunjungan Anda..!

 

Copyright © 2008-2011 All Rights Reserved. Mobile View Powered by 7ASK / WAWAN ADIE and Distributed by Template

Facebook Twitter Mykaskus