katup pada mesin 4 langkah berfungsi mengatur pembukaan dan penutupan katup·katup.
Mekamisme katup ini dirancang sedemikian rupa, sehingga porus
nok(camshaft) berputar satu kali untuk menggerakkan katup hisap dan
katup buang setiap dua kali putaran poros engkol.
Bagian-bagian mekanisme katup
1. katup (valve), berfungsi membuka
dan menutup saluran isap dan buang. Diameter katup isap dibuat lebih
besar daripada diameter katup buang.
2. Dudukan katup, sebagai tempat duduknya kepala katup.
3. Pegas katup, berfungsi mengembalikan katup pada dudukan semula setelah katup bekerja (membuka).
4.
Taper (valve lifter), berfungsi memindahka gcrakan bubungan (nok) ke
tuas katup {rocker arm) melalui batang penekan (push rod)
5.
Batang penekan (push rod), berfungsi meneruskan gerakan tapet ke ujung
tuas katup. Batang penekan hanya terdapat mekanisme katup yang poros
noknya di blok silinder dan
katup-katupnya terdapat pada kepala silinder
6.
Tuas katup (rocker arm), berfungsi menekan batang katup, sehingga katup
dapat membuka. Celah (kerenggangan) antara rocker arm dan push rod
disebut celah katup.
Beberapa model mekanisme katup
Ada beberapa model dalam pemindahan putaran dari poros engkol ke poros nok,
antara lain:
1) Model timing gear
Model ini digunakan pada mekanisme
katup mesin OHC (Over Head Valve}, di mana poros noknya berada di dalam
blok silinder. Model ini sudah jarang dipakai, karena timing geanya
menimbulkan bunyi yang berisik dibanding model Iain.
2) Model timing chain .
Model ini diterapkan pada mesin OHC
(Over Head Camshaft) dan DOHC (Dual Over Head Camshaf), di mana. poros
noknya berada di atas kepala silinder. Poros nok digerakkan oleh poros
engkol melalui rantai (timing chain).
3) Model timing belt
Model ini poros nok digerakkan oleh poros
engkol melalui sabuk bergerigi(belt). Penggunaan sabuk bergigi ini
tidak menimbulkan bunyi berisik, tidak memerlukan pelumasan, tidak
memerlukan penyetelan tegangan,
dan lebih ringan. Olch karena kelebihan itu,
model timing belt ini lebih banyak diterapkan pada mesin bensin
COMMENTS :
Don't Spam Here
0 komentar to “ Mekamisme katup ”
Post a Comment
Bagi sobat-sobat silahkan comment disini, Insya Allah saya comment balik di blog anda dan Saya follow juga. Blog 7ASK adalah Blog Do Follow, Terimakasih atas kunjungan Anda..!