(PROPELLER SHAFT)
Pada mobil dengan mesin di depan dan
penggeraknya roda belakang, tenaga putar dari poros output transmisi
dipindahkan ke poros roda belakang dengan bantuan poros gardan
(propeller shaft).
Poros gardan dibuat sedemikian rupa agar dapat memindahkan tenaga
putar dari transmisi ke diferensial (gardan) dengan lembut tanpa
dipengaruhi perubahan-perubahan sudut(naik-turun) diferencial akibat
ketidak rataan permukaan jalan dan besarnya beban. Bagian poros gardan
yang menyerap perubahan-perubahan sudut tersebut.
adalah universal joint
(lihat
·
D. DIFERENSIAL
Diferensial (gardan) berfungsi membagi dan memindahkan
tenaga ke roda roda kiri dan kanan.
memperlihatkan
konstruksi dasar sebuah diferensial.
Ketika kendaraan membelok, kedua. roda gigi pinion turut berputar
dengan tempatnya dan juga berputar pada porosnya, sehingga memberi lebih banyak putaran pada roda sebelah luar.
tetapi ketika kendaraan berjalan lurus, kedua roda gigi pinion
tidak berputar pada porosnya, walaupun ia turut berputar dangan
rumahnya (case), sehingga kedua. roda berputar dengan kecepatan
sama
Casis mobil tcrdiri atas sistem suspensi, sistem kemudi, roda, dan
rem. Bagian-bagian dari casis tersebut diperlihatkan pada
COMMENTS :
Don't Spam Here
0 komentar to “ POROS GARDAN MOBIL ”
Post a Comment
Bagi sobat-sobat silahkan comment disini, Insya Allah saya comment balik di blog anda dan Saya follow juga. Blog 7ASK adalah Blog Do Follow, Terimakasih atas kunjungan Anda..!