Thursday, February 3, 2011

Cara Mudah Mengetahui Id Widget

Beberapa pengeditan dalam template Anda sudah pasti akan melibatkan section id. Anda harus tahu yang saya maksud section adalah satu bagian penuh, seperti sidebar, header dan footer misalnya. Pada keadaan standart template Anda telah dilengkapi dengan css sidebar Anda. Namun, misal ketika Anda memiliki 5 widget di sidebar Anda, katakan Anda ingin salah satu widget memiliki style yang berbeda. Contohnya, ketika secara umum widget-widget yang ada dalam sidebar Anda memiliki warna font putih, dan Anda ingin membuat salah satu widget dengan warna font berbeda. Maka Anda harus menambahkan sesuatu yang lebih unik yang disebut widget id.




Anda cukup  menambahkan # di depan. Nantinya Anda bisa menambahkan css Anda dalam format:
#YourWidgetId {
...................
....................


Pertanyaan selanjutnya, "Bagaimana Cara Menemukan Widget Id?". Jawabannya ada di postingan ini, bahkan saya memberikan solusi dengan sangat mudah.

1. Login blogger
2. Tata Letak
3. Elemen Halaman
4. Klik Edit link untuk widget Anda
5. Anda masuk ke jendela pengeditan widget. Yang perlu Anda perhatikan adalah bagian adress bar untuk jendela tersebut. Jika tak tampil penuh silahkan klik tombol maximize pada jendela pengeditan widget.
6. Maka Anda akan menemukan id section dan id widget, misal contohnya pada alamat berikut ini dari pengeditan widget saya...
http://www.blogger.com/rearrange?blogID=4099787211392655306&action=editWidget&sectionId=sidebar&widgetType=null&widgetId=HTML9
Dari alamat di atas kita mendapatkan id section yakni sidebar dan id widget adalah HTML9. Sekarang Anda telah menemukannya dan mulai bisa memodifikasi lebih widget-widget Anda. Anda juga bisa menemukan id blog Anda di alamat tersebut. Semoga bermanfaat.

COMMENTS :




Don't Spam Here 1

mantap mas.... sekarng saya jadi tau berkat mas wawan

bahti said...
on 

Post a Comment

Bagi sobat-sobat silahkan comment disini, Insya Allah saya comment balik di blog anda dan Saya follow juga. Blog 7ASK adalah Blog Do Follow, Terimakasih atas kunjungan Anda..!

 

Copyright © 2008-2011 All Rights Reserved. Mobile View Powered by 7ASK / WAWAN ADIE and Distributed by Template

Facebook Twitter Mykaskus