Tuesday, November 3, 2009

Proses terjadinya batu bara

Batubara berlapis-lapis di KalimantanBatubara adalah batuan sedimen (padatan) yang dapat terbakar. Batubara berasal dari tumbuhan. Ditemukan di alam berwarna coklat sampai hitam. Pada proses pembentukannya mengalami proses fisika dan kimia. Artinya adalah, pembatubaraan berlangsung di alam dengan tekanan dan temperatur yang tinggi. Tekanan yang tinggi ini terjadi akibat proses sedimentasi yang berlangsung secara terus menerus selama ribuan tahun baik dialami oleh batubara maupun batuan yang menutupinya.
Batubara merupakan bentuk yang berbeda dengan gambut, meskipun ada hubungannya pada proses pembatubaraan. Gambut adalah, batuan sedimen organik yang dapat terbakar berasal dari tumpukan hancuran atau bagian dari tumbuhan yang terhumifikasi. Gambut berada dalam keadaan tertutup udara (di bawah air), tidak padat, dan kandungan air lebih dari 75% berat (AR).
gambutAda atau tidak adanya gambut ini dalam proses pembatubaraan akan membedakan batubara menjadi 2 jenis yakni, Humic Coal dan Sapropelic Coal. Humic Coal adalah batubara yang melewati tahap gambut dengan disertai proses humifikasi setelah terakumulasi pada tempat dimana pohon – pohon (bahan dasar) itu tumbuh. Beberapa ciri khasnya : komponen organik terbesar adalah material yang mengkilap berwarna coklat sampai hitam (bisa dilihat dengan kasat mata), umumnya berasal dari serat – serat kayu yang terhumifikasi, dan batubaranya berlapis-lapis.
Sementara Sapropelic Coal adalah batubara yang tidak mengalami fase gambut tetapi mengikuti alur proses diagenesa seperti batuan sedimen yang kaya akan bahan organik. Batubara ini kelihatan kusam dan tidak berlapis – lapis.

COMMENTS :




Don't Spam Here

2 komentar to “ Proses terjadinya batu bara ”

Bisakah saya dikirim kan modul masalah tambang karena di kaltim jarang saya jumpai modul masalah tambang.tks

Anonymous said...
on 

:h:

Anonymous said...
on 

Post a Comment

Bagi sobat-sobat silahkan comment disini, Insya Allah saya comment balik di blog anda dan Saya follow juga. Blog 7ASK adalah Blog Do Follow, Terimakasih atas kunjungan Anda..!

 

Copyright © 2008-2011 All Rights Reserved. Mobile View Powered by 7ASK / WAWAN ADIE and Distributed by Template

Facebook Twitter Mykaskus